TABUIK PARIAMAN - HARI INI 09112014

Tabuik saat dibuang ke laut
Inilah 'Tabuik Piaman'.. Pesta rakyat Pariaman, Sumatera Barat. Pesta ini dihelat untuk memperingati kematian Husein Cucu Nabi Muhammad SAW yang dipenggal oleh pasukan Muawiyah diperang Karbala, Irak. Prosesi pesta Tabuik dilaksanakan tanggal 1-10 Muharram disetiap tahunnya. Dan acara puncaknya adalah tanggal 10 Muharram. Dimana di acara ini dipertemukan 2 arakan Tabuik yang berasal dari daerah 'Pasa/pasar' dan 'Subarang/seberang'. Dua arakan tabuik itu nantinya akan dipertemukan, yang merupakan personifikasi dari dua kutub yang saling besebrangan. Lalu diadu.... Daarrrr....daaarrrr..

Sore hari menjelang magrib, inilah acara puncaknya. Setelah diarak keliling kota, Tabuik digiring kelaut lalu dibuang. 

Prosesi pembuangan ke laut ini merupakan simbol dari sebuah kesepakatan masyarakat untuk membuang segala bentuk perselisihan dan pertentangan. 

Bagi saya...Pesta Tabuik bukan sekedar Pesta perayaan masyarakat Pariaman dan sekitarnya. Tabuik bagi saya sangatlah memiliki arti penting dalam diri saya. Pasalnya, perayaan Tabuik adalah momen dimana waktu itu saya dilahirkan. Saya dilahirkan dihari puncak pesta Tabuik dirayakan, tepatnya bulan Oktober waktu itu. Dan lokasinya tidak lebih dari 1 KM dari pesta itu dihelat. Beberapa waktu lalu sempat bertanya ke Bapak saya dan mengatakan bahwa "Riuh kemeriahan pesta Tabuik itu sampai ke RS tempat saya dilahirkan".  

Bukan hanya itu saja, pemberian nama 'BOT' diakhir nama saya merupakan penghormatan terhadap Pesta Tabuik tersebut. BOT adalah singkatan dari 'Bulan Oktober Tabuik'. Artinya Saya lahir pada Bulan Oktober yang bertepatan dengan Pesta Tabuik. 

Hoyak Osen....hoyak osen...hoyak osen!!