APA ITU DETERMINISME?

Teori ini dikemukakan oleh Marshall McLuhan pertama kali pada tahun 1962.Beliau mengatakan bahawa begitu banyak perubahan cara berkomunikasi karena keberaan manusia itu sendiri,kemudian komunikasi tersebut akan merubah pikiran manusia tersebut bagaimana cara berfikir dan pola berprilaku masyarakat dan teknologi tersebut akhirnya mengarahkan manusia untuk bergerak dari satu abad teknologi ke abad teknologi yang lain. Contoh dulu orang berkomunikasi melalui telpon rumah karena seiring yang waktu alat komunikasi muncul lah HP .

Menurut Marshall McLuhan budaya kita terbentuk olah bagaiman cara kita berkomunikasi Paling tidak, ada beberapa tahapan yang layak disimak.
1. Penemuan dalam teknologi komunikasi menyebabkan perubahan budaya.
2. Perubahan di dalam jenis-jenis komunikasi akhirnya membentuk kehidupan manusia.
3. Sebagaimana yang dikatakan McLuhan bahwa “Kita membentuk peralatan untuk berkomunikasi, dan akhirnya peralatan untuk berkomunikasi yang kita gunakan itu akhirnya membentuk atau mempengaruhi kehidupan kita sendiri
Kita dapat merasakan dan berfikir terhadap apa yang kito lakukan karena pesan yang diterima teknologi komunikasi menyediakan untuk itu. Artinya, teknologi komunikasi menyediakan pesan dan membentuk perilaku kita sendiri. Radio menyediakan kepada manusia lewat indera pendengaran (audio), sementara televisi menyediakan tidak hanya pendengaran tetapi juga penglihatan (audio visual).
Media adalah sebuah alat yang dapat memperkeras peluasan manusia tesebut.kehadiran media baru memang sangat lah betul-betul dipertimbangkan agar semua masyarakat dapat meraskan nya,Misalnya, ambil sebuah buku. Dengan buku itu seseorang bisa memperluas cakrawala, pengetahuan, termasuk kecakapan dan kemampuannya. Seperti yang sering dikatakan oleh masyarakat umum, dengan buku, kita akan bisa “melihat dunia”.#Sumber