TINDAKAN SOSIAL

Manusia sebagai individu anggota masyarakat akan senantiasa berusaha agar selalu bisa bergaul dengan sesama. Sehingga menuntut bahwa setiap individu bertindak dan berusaha untuk saling memenuhi kebutuhan satu dengan yang lain dengan hidup bersama yang sesuai dengan masyarakat masing-masing.

1. Tindakan Sosial
Sejak lahir manusia mempunyai naluri untuk hidup bergaul dengan sesamanya. Naluri ini merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya, yaitu kebutuhan afeksi, kebutuhan inklusi ( termasuk / terhitung ) dankebutuhan kontrol ( pengawasan ). Upaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dilaksanakan melalui proses yang disebut dengan interaksi sosial. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik ( bersifat dinamis ) antar individu, antar kelompok dan antar individu dengan kelompok ataupun sebaliknya.
Interaksi sosial dapat dilakukan antaralain :
  • Interaksi antar individu
  • Interaksi antar kelompok
  • Interaksi antar individu dengan kelompok
2. Macam-macam Tindakan Sosial
a. Tindakan Rasional Instrumental, yaitu tujuan tindakan dipertimbangkan dengan matang dan cara mencapai tujuan telah diperhitungkan.
Contoh : Ari memutuskan membeli komputer dari pada sepeda motor, menentukan studi di Perguruan TInggi
b. Tindakan Rasional Berorientasi pada Nilai, yaitu suatu tindakan yang bersifat rasional dengan tujuan untuk memperoleh nilai. Tujuan tindakan tidak terlalu dipertimbangkan.
Contoh : Memberi dengan tangan kanan lebih baik dari tangan kiri, orang muslim berpuasa karena nilai keimanan
c. Tindakan Tradisional, yaitu dilakukan tanpa perhitungan matang, melainkan karena kebiasaan yang berlaku di masyarakat.
Contoh : Berbagai upacara adat yang dilakukan mengikuti kebiasaan turun menurun, orang muda menghormati yang tua, bersalaman dengan orang tua dengan mencium tangan
d. Tindakan Afektif, yaitu tergolong tindakan irrasional sebab sebagian besar tindakan didorong oleh perasaan ( afeksi ) atau emosi tanpa perhitungan matang.
Perasaan emosi antaralain : marah, gembira, rasa takut, sedih, cinta, kecewa dan lain-lain.
Contoh : Seorang ibu yang memeluk anaknya yang sedang menangis [SUMBER]

----------------------------------------------
Artikel lainnya
MACAM-MACAM TINDAKAN SOSIAL